Kamis, 18 April 2013

Dampak Modernisasi Terhadap Perilaku Kaula Muda

Ratih Ayu Widyasih / 1A512082 / 1PA04
Tugas Individu II  (Matematika & Ilmu Alamiah Dasar)


Pengertian Modernisasi 
 Pengertian modernisasi menurut beberapa ahli adalah:
  1. Alex Inkeles : Modernisasi adalah sikap – sikap tertentu yang menandai manusia dalam setiap masyarakat modern.
  2. Astrid S.Susanto: Modernisasi adalah proses pembangunan yang diberikan oleh perubahan demi kemajuan.
  3. Oghburn dan Nimkoff : Modernisasi tidak sama dengan reformasi yang menekankan pada faktor – faktor rehabilitasi. Modernisasi bersifat preventif dan konstruktif.
  4. Soerjono Soekanto : Modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial yang biasanya merupakan perubahan sosial yang terarah (directed change) yang didasarkan pada suatu perencanaan yang disebut social planning.
  5. J.W. Schoorl : Modernisasi merupakan penggantian teknik produksi dari cara – cara tradisional ke cara-cara yang tertampung dalam pengertian revolusi industri. Schoorl merumuskan penerapan ilmu pengetahuan ilmiah yang ada kepada semua aktivitas merupakan faktor penting dalam modernisasi.

Dilihat dari definisi diatas modernisasi dapat dilihat sebagai suatu perubahan fisik yaitu cara – cara tradisional kearah modern atau penggunaan teknologi atau mesin serta dari pola pikir yaitu pola pikir tradisional menjadi pola pikir rasional. Praktis dan efisien.


Dampak Modernisasi Terhadap Perilaku Kaula Muda 

Modernisasi merupakan sebuah proses menuju sistem kehidupan yang lebih terbuka secara luas dalam berbagai aspek dan segi kehidupan manusia. Pengaruh modernisasi ini juga dirasakan oleh para kalangan remaja yang rentan dengan budaya coba-coba serta memiliki rasa keingintahuan yang besar. Kali ini saya akan memberikan opini terkait dampak modernisasi terhadap perilaku remaja atau kaula muda.

Menurut saya, sesuatu yang baru seperti modernisasi belum tentu hanya memberikan dampak negatif  kepada masyarakat tetapi juga terdapat dampak positif dari modernisasi tersebut.

Dampak positif dari modernisasi ialah :
  • Para remaja sekarang sudah mahir dalam menggunakan bidang teknologi, dan dari mempelajari bidang ini banyak para remaja yang sukses dan berprestasi sehingga dapat mengharumkan nama negara di mancanegara. Contohnya, para remaja dapat mengikuti kontes robot di luar negeri dan memenangkan ajang tersebut.
  • Dengan banyaknya fasilitas di era modernisasi ini para remaja semakin berlomba-lomba menunjukkan kemampuan serta kreatifitasnya.
  • Para remaja juga dapat mengetahui budaya luar negeri. Tidak semua budaya dari luar negeri itu buruk, contohnya saja negara Jepang yang memiliki budaya yang sangat disiplin dalam segala hal seperti waktu, mengantri,dll. Selain itu, Jepang juga memiliki teknologi yang lebih maju dibanding negara kita.
Dampak negatif dari modernisasi adalah :
  • Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat luas, ada beberapa yang menyalahgunakan dengan membuka situs-situs porno, menjadikan sarana untuk membeli narkoba dan lain sebagainya.
  • Para remaja yang tidak bisa menyaring budaya luar negeri maka mereka akan berusaha menerima semua budaya tersebut tanpa memperdulikan baik buruknya, sehingga mereka terjerumus pada seks bebas, homoseksual, lesbian dan lain sebagainya. Dikarenakan di luar negeri beberapa negara berkembang sudah melegalkan hal tersebut.





Sumber :
http://luwesagustina.blogspot.com/2010/10/ringkasan-modernisasi-globalisasi.html

1 komentar:

  1. makasih banyak buat infronya, sangat bermanfaat dan menambah wawasan,,... salam sukses !! :-)

    http://goo.gl/gfdICr

    BalasHapus