Senin, 05 November 2012

NETIQUTTE

Ratih Ayu Widyasih / 1A512082 / 2PA01


Apa itu Netiquette ??

Netiquette adalah istilah yang menggambarkan etiket di Internet. Netiquette adalah kombinasi dari “jaringan” dan “etiket.” Netiquette mencakup etiket dari semua jenis komunikasi internet seperti email, papan pesan, forum dan pesan instan. Mengikuti aturan komunikasi online bisa sama pentingnya sebagai berikut etiket ketika berbicara dengan orang tatap muka.

Fungsi Netiquette

Netiquette berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket. 

Para pemula di dunia internet seringkali tanpa sadar melakukan kesalahan hanya karena belum mengetahui etika ber-internet. Oleh karena itu, setiap orang yang ingin bergabung ke internet perlu mengetahui dan mematuhi prinsip=prinsip netiquette ( Shea, 2004 ) berikut :

1. Empati dan solidaritas

Dalam ber-internet, pengguna memang tidak bertatp muka secara langsung dengan manusia lain. Namun,

jangan sampai pengguna seakan dapat berbuat seenak sendiri tanpa memperdulikan pengguna lain. Oleh karena itu, para pengguna sudah selayaknya tetap berempati terhadap pengguna lain. Kemudian, mereka pun harus menjaga solidaritas komunitas seperti layaknya di dunia nyata.

2. Teliti sebelum menceburkan diri

Internet terdiri atas berbagai kelompok dan tiap kelompok memiliki budaya berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum masuk ke dalam suatu kelompok selodikilah dulu budayanya. Jadi, kita tidak salah masuk kelompok atau menyalahi budaya kelompok setempat.

3. Berpenampilan baik ala internet


Sebagian besar komunikasi di internet dilakukan secara tekstual. Oleh karena itu, manusia dinilai dari hasil tulisannya. Seperti layaknya berdandan secara pantas dan sesuai acara yang akan dihadiri, hendaknya pengguna internet menulis hal-hal yang pantas dan sesuai dengan konteks di mana ia mengeposkan tulisannya. Apalagi bila ia melakukan video conferencing, hendaknya memperhatikan penampilan fisik pula karena dapat terlihat oleh orang di sisi lain.

4. Menghormati privasi

Manusia di dunia maya pun memiliki privasi yang tidak ingin dilanggar. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna internet saling menghormati privasi dengan tidak menerobos masuk ke dalam wilayah pribadi orang lain.

5. Tidak menyalahgunakan kekuasaan

Beberapa anggota komunitas internet memiliki kekuasaan lebih tinggi daripada yang lain. Lebih lanjut, mereka hendaknya tidak menggunakan secara semena-mena. Misalnya, administrator forum tidak diperkenankan dengan seenaknya menghentikan keanggotaan seorang anggota forum tanpa ada alasan jelas.

6. Memaafkan kesalahan

Bila orang lain melakukan kesalahan kecil, misalnya salah tata bahasa, maafkanlah. Jangan berusaha membesarkan masalah, tetapi lebih baik berusaha memperbaiki masalah. Hal seperti ini berlaku pula untuk diri sendiri. Jangan hanya karena telah melakukan kesalahan, kita lantas berhenti ber-internet. Belajar dari kesalahan akan meningkatkan kemampuan ber-internet.

7. Berbagi pengetahuan

Komunitas internet pada awalnya tercipta karena keinginan untuk berbagi pengetahuan. Oleh karena itu, kita tidak perlu takut akan minder untuk membagikan opini, pengetahuan atau pengalaman di dalam internet. Siapa tahu, hal yagn mungkin dipandang sederhana oleh satu anggota komunitas internet ternyata amat brharga bagi anggota lain.



Referensi :
http://kutubuku.web.id/2511/apakah-arti-netiquette 
http://naza-blog.blogspot.com/2011/10/apa-itu-netiquette.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar