Selasa, 27 November 2012

Penggunaan Internet Dalam Ilmu Psikologi

Ratih Ayu Widyasih / 1A512082 / 2PA01 / Psikologi dan TI


Internet (Interconnected Network) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan di seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, budaya, dan hukum untuk menyebarkan informasi dan mendapatkan informasi.

Manfaat Internet :
1. Bidang Pendidikan
Internet memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya (library online) yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran secara online dengan menggunakan teleconference internet (e-learning)
2. Bidang Ekonomi dan Bisnis
Internet hadir dengan istilah e-commerce yaitu kegiatan perdagangan, jual beli, promosi dan sebagainya dapat dilakukan melalui internet
3. Bidang Pemerintahan
Internet hadir dengan e-government untuk memudahkan pemerintah untuk memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal.
4. Sarana Bersosialisasi dan Mencari Sahabat
Pengguna internet dapat menjalin komunikasi dengan rekan-rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu singkat dan biaya murah melalui fasilitas email dan chatting
5. Sarana Hiburan
Internet menyediakan banyak fasilitas pilihan seperti permainan, game, musik, video, dunia entertainment dan sebagainya.

Diatas sudah disebutkan beberapa manfaat dari internet, dan salah satunya adalah pada bidang pendidikan. Hal ini memang benar sekali, internet sangat dibutuhkan pada bidang Pendidikan salah satunya cabang ilmu Psikologi. Pada ilmu Psikologi, internet memiliki kegunaan yang cukup membantu seperti pada website www.e-psikologi.com. Website www.e-psikologi.com adalah web nirlaba yang tidak mengenakan biaya atau menjual apapun kepada penggunanya, dan menyediakan layanan konseling online gratis dan bacaan-bacaan artikel. Jadi, kita bisa berkonsultasi melalui web tersebut kapan saja karena bersifat online, bisa mendapatkan informasi dan membaca artikel-artikel terkait psikologi, bisa melatih kemampuan kita terkait ilmu psikologi karena pada web tersebut terdapat kuis psikologi, dan sebagainya. 

Jadi, pada website www.e-psikologi.com kita dapat menambah pengetahuan tentang psikologi secara mudah dan efisien serta bisa melakukan konsultasi bila ada sesuatu yang ingin dikonsultasikan tetapi tidak memiliki banyak waktu maka bisa menggunakan web ini.
 






Sumber :
http://endra-dwi-putra.blogspot.com/2012/04/pengertian-internet-dan-intranet.html 
 http://www.e-psikologi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar